Wednesday, April 25, 2007

Internet di Ruang Angkasa

Departemen Pertahanan Amerika Serikat saat ini mengembangkan sebuah proyek yang dinamakan Iris (Internet Router Protocol in Space) yang memungkinkan penggunaan Internet di ruang angkasa. Proyek itu rencananya akan dapat diaplikasikan pada awal 2009.

Sebenarnya, proyek ini adalah proyek untuk keperluan perang, yang dikembangkan agar komunikasi suara, gambar, dan data dapat dilakukan hingga di daerah yang sangat terpencil. Namun, Iris juga memungkinkan penggunaan Internet di antariksa karena data dapat ditransmisikan langsung dari satelit ke satelit, tanpa melalui stasiun bumi.

"Iris memperluas penggunaan Internet ke ruang angkasa, mengintegrasikan sistem satelit dan infrastruktur darat untuk kegunaan perang serta komunikasi instan," ujar Bill Shernit, CEO Intelsat General, salah satu perusahaan yang akan mengembangkan platform ini.

Proyek ini didanai oleh Departemen Pertahanan, sedangkan Intelsat akan membuat satelit geostasioner yang bernama IS-14. Adapun perusahaan spesialis jaringan Cisco juga akan terlibat dalam hal desain perangkat router yang akan

No comments: